Breaking News
Loading...
Thursday, October 24, 2013

Info Post
           
Apa Itu OSN Pertamina ?
          Berdasarkan situs resminya OSN Pertamina adalah program yang berpotensi dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.
Jika sudah berbicara pendidikan tinggi tentu tidak jauh-jauh dari yang namanya mahasiswa. Nah, program ini diperuntukkan untuk mendorong mahasiswa yang fokus dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
            Efek positif dari diselenggarakannya program ini adalah mahasiswa yang fokus mendalami dari salah satu bidang Sains jadi lebih serius dan kompeten dibidangnya.
Intip sejenak Misi OSN Pertamina
Setiap program keren pasti ada tujuan hebat didalamnya, begitu juga dengan misi OSN Pertamina:
  • OSN Pertamina ini adalah CSR-nya perusahaan atau corporate social responsibility dari Pertamina dalam bidang pendidikan yang juga bagian dari komitmen Kepedulian Pertamina terhadap peningkatan kualitas Mahasiswa.
  • Misi OSN Pertamina yang kedua adalah implementasi Pertamina terhadap kegiatan sosial di bidang pendidikan yang berkesinambungan.
Sasaran OSN-PERTAMINA
 Diantara sasarannya:
  • Kegiatan OSN Pertamina tidak bisa gerak sendiri, maka pihak OSN Pertamina menjalin hubungan aktif dengan  institusi pendidikan yaitu perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di 33 propinsi.
  • Secara tidak langsung kegiatan OSN Pertamina turut berperan aktif meningkatkan kwalitas pendidikan tinggi khususnya di bidang sains, karena as we know, penguasaan terhadap ilmu pengetahuan adalah tulang punggung penguasaan dan kemajuan teknologi di masa depan.
  • Dengan adanya kegiatan OSN Pertamina turut membangun atmosfir saintifik di kalangan mahasiswa melalui kompetisi  sains dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
  • Hasil dari OSN Pertamina adalah ditemukannya bibit ilmuwan masa depan, sehingga yang mumpuni dalam sains dan dapat mengimplementasikan pengetahuannya untuk membawa bangsa ini dari ancamana global.
Juara OSN Pertamina: Bertabur Hadiah dan Apresiasi
Ada yang sudah tidak sabar nih ingin segera jadi bagian peserta OSN Pertamina. Buat kamu yang bersungguh-sungguh mengikuti program ini, tentu dari awal kamu sudah persiapan ?
Jika kamu adalah juara, OSN Pertamina akan memberikan:
-        Sejumlah dana pendidikan untuk diberikan pada sang pemenang, tahun 2012 kemarin, OSN Pertamina memberikan hadiah dengan total uang, Rp. 2,8 M (CMIIW).
-  Juara OSN Pertamina akan mendapatkan prioritas untuk berkarier di perusahaan Pertamina, pastinya.

Bagi perguruan tinggi yang peserta didiknya berhasil dan juara OSN Pertamina, maka akan mendapatkan dana pengembangan dari Pertamina.
Wuih seru ya, senangnya ketika ilmu dan jerih payah kita diapresiasi, nah makin         penasarankan bagaimana caranya agar dapat mengikuti OSN Pertamina.
Cara Jadi Bagian dari Peserta OSN Pertamina
Tentu ada aturan mainnya dong untuk bisa mengikuti ajang kompetisi sains nasional paling bergengsi ini.
Langkah I
Simak Syarat Peserta:
Persyaratan Peserta
  1. Mahasiswa Program D3 / S-1 / D4 semua Fakultas/Jurusan, minimal Semester III (Tiga), yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dari Ketua Jurusan/Dekan Fakultas Masing-masing.
  2. Tidak pernah menjadi Pemenang tingkat 1, 2 dan 3 pada kompetisi sains tingkat perguruan tinggi nasional, dan tidak pernah mengikuti kompetisi sains perguruan tinggi internasional.
  3. Pemenang 1, 2 dan 3 di tingkat Nasional dan Pemenang 1 tingkat Provinsi pada OSN-Pertamina (d/h OSN-PTI) 2008, 2009, 2010, 2011 serta 2012 tidak diperkenankan mengikuti OSN-Pertamina 2013.
  4. Lihat situs resminya di http://www.osnpertamina.com/informasi/persyaratan-pendaftaran/

Langkah II
Lihat jadwal pendaftaran pesertanya, tahun 2013 ini, OSN Pertamina membuka pendaftaran pada 26 agustus - 10 oktober 2013.
Lakukan pendaftaran via online, http://registrasi.osnpertamina.com

Langkah III
Pantengin terus situsnya, karena admin akan ada memposting Agenda Pelaksanaan OSN Pertamina.
Dan untuk informasi Question and Answer nya, kamu bisa klik
http://www.osnpertamina.com/informasi/tanya-jawab/

Sistem Kompetisi

Kompetisi di OSN Pertamina 2013 terdiri dari dua kategori yaitu kategori Teori dan kategori Proyek Sains. Kategori Teori akan mengkompetisikan empat bidang yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua tahapan, yaitu seleksi tingkat Propinsi dan seleksi Babak Final Tingkat Nasional. Sedangkan untuk kategori Proyek Sains, akan dikompetisikan karya cipta dari empat bidang yaitu bidang Geo-Sains (GS), Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB), dan Produk Riset (PR). Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua babak, yaitu Babak Penyisian dan Babak Final Tingkat Nasional.
            

Agenda Pelaksanaan OSN-PERTAMINA 2013

OSN PERTAMINA 2013 dilakukan dalam dua tahap yaitu Seleksi Daerah (Provinsi) dan Seleksi Pusat (Nasional).
  1. Registrasi Peserta 26 Agustus – 10 Oktober 2013
  2. Rapat Koordinasi Nasional – 11-13 September 2013
  3. Seleksi Tingkat Propinsi (Teori) – 24 Oktober 2013
  4. Poster Session (Proyek Sains) – 24 Oktober 2013
  5. Desk Evaluation (Proyek Sains) – 14 Oktober – 22 Oktober 2013
  6. Pengumuman Lolos desk Evaluasi – 25 Oktober 2013
  7. Penyisihan Proyek Sains (Online) – 31 Oktober 2013
  8. Pengumuman Babak Penyisihan (Teori + Proyek Sains ) – 4 November 2013
BABAK FINAL TINGKAT NASIONAL 25-29 November 2013
  • Pameran proyek Sains – Senin, 25 November 2013
  • Penyisihan Kategori Teori – Selasa, 26 November 2013
  • Grand Final Teori dan Proyek Sains – Kamis, 28 November 2013
  • Penganugrahan Hadiah – Jum’at – 29 November 2013
agenda lengkap bisa dilihat disini http://www.osnpertamina.com/informasi/agenda/

Ini ada sedikit tips Sederhana buat Calon Juara OSN Pertamina 2013:
Berikut ada beberapa tips yang semoga bermanfaat buat kamu yang berminat banget jadi bagian dari peserta OSN Pertamina 2013.
  • Rajin kunjungi situsnya dan raup informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari informasi contoh soal yang diujiankan, khusus untuk yang ambil kategori The Best Theory
  • Cari tahu kampus yang bermitra dengan pihak OSN Pertamina, kamu bisa melacaknya dari sekarang serta cari info dari dosen atau panitia penyelenggara di tiap kampus.
  • Butuh pelatih atau dosen pembimbing, saya yakin, tiap kampus yang mendapat informasi OSN Pertamina ini akan membantu sepenuh hati mahasiswa yang menjadi perwakilan kampus, mungkin membantu dari sisi buku referensi, penjelasan, nasihat dan sebagainya
  • Belajar dari para alumni, nah kamu bisa belajar dengan para alumni juara OSN Pertamina dari tahun 2008 – 2012
  • Tetap semangat dan yakin kamu pasti bisa

Source : info lengkap kunjungi http://www.osnpertamina.com/
Belajar yuk sebelum osn pertamina di website jurusan biologi

0 comments:

Post a Comment